Makalah Sejarah Perkembangan Akuntansi

Makalah Akuntansi Tentang Sejarah Perkembangan Akuntansi Makalah Sejarah Perkembangan Akuntansi

Download Makalah Akuntansi Tentang Sejarah Perkembangan Akuntansi






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Makalah Akuntansi Tentang Sejarah Perkembangan Akuntansi

Makalah ialah karya tulis yang memuat fatwa wacana suatu duduk kasus atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.Nah risikonya kita mengerti akan pengertian makalah.

Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini jenis-jenis makalah yang bisa anda simak di bahwa ini:
  • Jenis makalah deduktif
  • Makalah dedukatif merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan duduk kasus yang dibahas)
  • Jenis makalah induktif
  • Makalah induktif merupakan makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan duduk kasus yang dibahas.
  • Jenis makalah campuran
  • Makalah adonan merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan duduk kasus yang dibahas.

Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
  1. Cover / Bagian Sampul Makalah.
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Isi Makalah Hubungan Manusia dengan Agama

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan Alam Nabi Muhammad SAW, para sobat serta pengikutnya hingga final zaman.

Alhamdulillahirobbil’alamiin, tiada kata yang sanggup penulis sampaikan selain ucapan syukur kehadirat Allah SWT, alasannya ialah hanya dengan ridho-Nya lah penulis sanggup menuntaskan penyusunan Makalah Teori Akuntansi, mengenai: Sejarah Perkembangan Akuntansi.

Dalam penulisan Makalah ini penulis tidak lepas dari banyak sekali kendala dan rintangan, namun berkat pertolongan dari banyak sekali pihak maka segala macam kendala sanggup teratasi. Untuk itu penulis ingin memberikan ucapan terimakasih, semoga Allah SWT menawarkan tanggapan atas kebaikan dengan limpahan rahmat-Nya.

Akhirnya semoga Makalah ini bermanfaat dan menambah pengetahuan khususnya bagi penulis dan pembacanya. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

BAB I : PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Akuntansi merupakan suatu ilmu yang di dalamnya berisi bagaimana insan berfikir sehingga menghasilkan suatu kerangka fatwa konseptual wacana prinsip, standar, asumsi, teknik, serta mekanisme yang ada dijadikan landasan dalam pelaporan keuangan. Pelaporan keuangan tersebut harus berisi informasi-informasi yang berkhasiat dalam memantu pengambilan keputusan bagi para pemakainya.

1.2 Permasalahan
Berdasarkan pada uraian latar belakang di atas, penulis sanggup mengangkat permasalahan dalam makalah ini yaitu “bagaimana sejarah perkembangan ilmu akuntansi dari pertama kali muncul hingga sekarang?”

1.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis merasa perlu mencantumkan tujuan dalam penulisannya semoga penulisan makalah ini lebih terarah pada sasaran yang akan dicapai. Tujuan penulisan tersebut yakni untuk mendapat citra yang niscaya wacana sejarah perkembangan ilmu akuntansi dari semenjak dahulu hingga sekarang.

BAB II : PEMBAHASAN

2.1 Akuntansi dan Double Entry
Penelitian terhadap sejarah akuntansi sudah semakin semarak dan publikasi yang khusus menganalisis dan mempelajari sejarah akuntansi ini dimuat melalui banyak sekali publikasi akuntansi umumnya dan dalam The Accouting Historia Journal khususnya yang merupakn jurnal publikasi ilmiah dari The Academy of accounting Historian. Mempelajari sejarah akutansi ini perlu untuk mengetahui apa yang terjadi pada masa kemudian dan dengan pengetahuan apa yang terjadi pada masa kemudian dan dengan pengetahuan ini diperlukan kita akn sanggup memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan sehingga dalam menghadapinya kita lebih siap dan bisa mengambil manfaat dari peluang yang ada.

2.2 Perkembangan Ilmu Akuntansi
Pada awalnya, pencatatan transaksi perdagangan dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dicatat pada batu, kulit kayu, dan sebagainya. Catatan tertua yang berhasil ditemukan hingga ketika ini masih tersimpan, yaitu berasal dari Babilonia pada 3600 SM. Penemuan yang sama juga diperoleh di Mesir dan Yonani kuno. Pencatatan itu belum dilakukan secara sistematis dan sering tidak lengkap. Pencatatan yang lebih lengkap dikembangkan di Italia sehabis dikenal angka-angka desimal arab dan semakin berkembangnya dunia perjuangan pada waktu itu.

2.3 Sejarah Akuntansi di Indonesia
Praktik akuntansi di Indonesia sanggup ditelusur pada periode penjajahan Belanda sekitar 17 (ADB 2003) atau sekitar tahun 1642 (Soemarso 1995). Jejak yang terperinci berkaitan dengan praktik akuntansi di Indonesia sanggup ditemui pada tahun 1747, yaitu praktik pembukuan yang dilaksanakan Amphioen Sociteyt yang berkedudukan di Jakarta (Soemarso 1995). Pada periode ini Belanda mengenalkan sistem pembukuan berpasangan (double-entry bookkeeping) sebagaimana yang dikembangkan oleh Luca Pacioli.

BAB III : PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya, maka penulis sanggup menyimpulkan bahwa orang yang pertama kali menulis buku wacana double entry bookkeeping system ialah Bonedetto Cotrugli dan orang yang pertama kali menerbitkan buku wacana double entry bookkeeping system ialah Luca Pacioli pada tahun 1949. Sedangkan di Indonesia, akuntansi mulai diterapkan semenjak 1642, tetapi jejak yang terperinci gres ditemui pada pembukuan Amphion Society yang bangun di Jakarta semenjak tahun 1747.





Download Makalah Akuntansi Tentang Sejarah Perkembangan Akuntansi
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Makalah Akuntansi Tentang Sejarah Perkembangan Akuntansi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel