Cara Gampang Menghentikan Aplikasi Yang Update Secara Otomatis Di Google Play

Google Play ialah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk menyerupai musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini sanggup diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV.

Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas. Google Play mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

Google Play ialah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk p Cara Praktis Menghentikan Aplikasi Yang Update Secara Otomatis di Google Play

Sebagai hukum umum, aplikasi yang Anda pasang dari Google Play akan mengunduh pembaruan secara otomatis (disebut aplikasi pembaruan otomatis) untuk meningkatkan kinerjanya di tablet atau ponsel cerdas Anda. Secara umum, ini ialah hal yang baik, tetapi juga sanggup memperlambat ponsel Anda, memakai data seluler Anda dan menghentikan Anda melaksanakan hal-hal lain dengan perangkat Anda. Di sinilah pembaruan aplikasi secara manual sanggup menjadi lebih praktis.

Kami akan menawarkan cara menghentikan pembaruan aplikasi secara otomatis sehingga Google Play hanya memperbarui kapan dan bagaimana Anda menginginkannya. Berikut ini cara-caranya.

Cara menonaktifkan aplikasi pembaruan otomatis di Google Play

Langkah 1. Buka aplikasi Google Play Store dan ketuk pada ikon sajian 3-bar di kiri atas. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Pengaturan (Settings).

Langkah 2. Di pengaturan Play Store, ketuk Auto-update apps (Perbarui aplikasi secara otomatis).

Langkah 3. Anda akan melihat tiga opsi (yang sanggup diubah kapan saja):
  • Jangan perbarui aplikasi secara otomatis (Do not auto-update apps)
  • Perbarui aplikasi secara otomatis kapan saja. Biaya data mungkin berlaku (Auto-update apps at any time. Data charges may apply)
  • Perbarui otomatis aplikasi hanya melalui Wi-Fi (Auto-update apps over Wi-Fi only)

Langkah 4. Sekarang pilih yang pertama. Perhatikan bahwa ini berarti Anda akan selalu perlu memperbarui semua aplikasi secara manual di masa yang akan datang. Jika Anda masih ingin aplikasi memperbarui secara otomatis, tapi tidak pada sambungan data Anda, pilih Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi (Auto-update apps over Wi-Fi only).

Cara memperbarui aplikasi secara manual di Play Store

Langkah 1. Jika Anda memberi tahu Play Store untuk tidak memperbarui aplikasi secara otomatis, Anda harus melakukannya secara manual. Untuk memperbarui aplikasi secara manual, Anda harus membuka My apps & games nya terlebih dahulu di Google Play, jadi buka panel samping navigasi dan pilih (dari tombol 3-bar di sebelah atas akrab dengan pencarian).

Langkah 2. Anda akan diperlihatkan tampilan tab dari aplikasi Anda: yang ketika ini terpasang di perangkat Anda dan daftar utama setiap aplikasi yang pernah Anda unduh. Di daftar Terpasang, Anda akan melihat aplikasi dibagi menjadi beberapa kategori: Pembaruan (Updates), Baru diperbarui (Recently updated) dan Terbaru (Up-to-date).

Langkah 3. Aplikasi dengan pembaruan tersedia tercantum di bab atas. Anda sanggup menentukan untuk menginstalnya satu per satu atau semuanya dengan tombol Perbarui Semua (Update All) di bab atas.

Apakah anda punya trik lain selain dari trik di atas, silahkan bagikan kepada kami melalui kotak komentar yang terpasang di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel