Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu Tingkat Sd Tahun 2019

 Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan info mengenai  Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu Tingkat SD Tahun 2019

BlogNazmy - Dalam kesempatan kali ini Mas Nazmy ingin memperlihatkan info mengenai Buku Panduan Lomba Budaya Mutu SD (SD) Tahun 2019.


Lomba Budaya Mutu di SD dilakukan oleh Direktorat Pem binaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya training mutu SD untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi.

Lomba Budaya Mutu di SD difokuskan pada evaluasi mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup:
  1. Manajemen Berbasis Sekolah,
  2. Pem belajaran,
  3. Ekstrakurikuler,
  4. Perpustakaan, dan
  5. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam membentuk siswa menjadi insan yang mempunyai perilaku optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

Sekolah yang mempunyai keunggulan budaya mutu sanggup dilihat dari beberapa variabel ibarat manajemen sekolah, proses pembelajaran, acara ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan perjuangan kesehatan sekolah, yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Kegiatan Lomba Budaya Mutu (LBM) SD ini dimaksudkan untuk memperlihatkan apresiasi dan motivasi para pelaku pendidikan dalam membangun mutu sekolah. Agar pelaksanaan LBM sanggup mencapai hasil yang lebih optimal, maka perlu mendapat dukungan dari pemerintah kawasan dan pemangku pendidikan.

Tujuan umum lomba Budaya Mutu di SD ini ialah untuk mewujudkan SD yang menliliki budaya mutu dalam memperlihatkan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi contoh bagi training para pemangku kepentingan.

Sedangkan Tujuan khusus Lomba Budaya Mutu di SD ini ialah :
  • Mendapatkan SD yang berbudaya mutu dengan keunggulannya masing-masing sebagai model yang baik (good practices) bagi sekolah lain;
  • Menghimpun aneka macam pengalaman inspiratif dari sekolah dasar yang mempunyai budaya mutu dan lingkungan yang bermutu;
  • Mendokumentasikan dan menyosialisasikan pengalaman inspiratif pengembangan budaya mutu Manajemen Berbasis Sekolah, Pembelajaran, acara Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan Usaha Kesehatan Sekolah kepada SD di seluruh Indonesia.
  • Memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan sekolah dasar maupun Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan sekolah dasar yang mempunyai budaya mutu dalam memperlihatkan layanan prima kepada penerima didik.

Berdasarkan buku Panduan umum Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019, Sasaran acara Lomba Budaya Mutu SD (SD) sebanyak 1.664 SD yang diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota dengan kategori dan sasaran, sebagai berikut:
  1. Sasaran LBM SD tahun 2019 sebanyak 1.664 sekolah dasar terdiri atas:
    • Kategori SD Rujukan, sebanyak 514 sekolah;
    • Kategori SDN (Non Rujukan), sebanyak 514 sekolah;
    • Kategori SD Swasta, sebanyak 514 sekolah; dan
    • SD Wilayah 3T (Negeri), sebanyak 122 sekolah.
  2. Dari seluruh sekolah sasaran LBM SD akan diseleksi menjadi 150 sekolah untuk dilakukan visitasi, dan selanjutnya akan ditetapkan sebanyak 120 sekolah yang berhak mengikuti Grand Final;
  3. Komponen evaluasi LBM SD meliputi :
    • Pembelajaran,
    • Manajemen Berbasis Sekolah,
    • Ekstrakurikuler,
    • Perpustakaan Sekolah, dan
    • UKS. (Secara rinci sanggup dilihat pada Panduan Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019 terlampir);
  4. Selanjutnya kami mohon dukungan Saudara untuk mengirimkan 3 sekolah dasar (1 SDN rujukan, 1 SDN, 1 SD Swasta), dan 1 SDN di wilayah 3T bagi kabupaten/kota yang masuk kategori 3T sesuai Perpres Nomor 131 tahun 2015 perihal Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019 untuk diikutkan dalam LBM SD Tahun 2019 paling lambat tanggal 15 Mei 2019;
  5. Setiap sekolah dasar penerima LBM SD wajib melaksanakan pendaftaran secara daring (online) paling lambat tanggal 31 Mei 2019 di http://bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019.
  6. Informasi lebih lanjut perihal acara ini sanggup menghubungi Sdr. Sutapa, Telp. 0821-1211-1965 email: subditkurikulum.ditpsd@kemdikbud.go.id.

Selanjutnya pada buku Panduan Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019, ditegaskan bahwa Kriteria Peserta Lomba ialah sebagai berikut :
  1. Sekolah Dasar yang telah ditetapkan sebagai SD Rujukan di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
  2. Sekolah Dasar Negeri yang diusulkan/ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima Lomba Budaya Mutu.
  3. Sekolah Dasar Swasta baik acuan maupun non acuan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima Lomba Budaya Mutu.
  4. Sekolah Dasar Wilayah 3T yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penerima Lomba Budaya Mutu.
  5. Memiliki potensi budaya mutu manajemen berbasis sekolah, pembelajaran, ekstrakurikuler, perpustakaan, dan UKS.
  6. Sekolah ramah anak yang tidak terlibat acara kekerasan (tawuran pelajar), narkoba, perundungan atau sejenisnya.
  7. Sekolah bisa menyusun portofolio perihal budaya mutu yang dikembangkan.
  8. Sekolah belum pernah menjadi juara LBM baik Juara Menyeluruh (whole school), Juara I, II, dan III untuk semua komponen (MBS, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan UKS).
  9. Mengisi seleksi manajemen secara daring (online) di http://bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019.
  10. Sekolah yang setiap kelasnya mempunyai jumlah siswa maksimal 28 anak dan minimal 20 anak terutama untuk kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3) dan tidak double shift, khusus sekolah di wilayah 3T ketentuan ini tidak berlaku.
  11. Sekolah Dasar yang dinyatakan lolos seleksi manajemen online (daring) akan diminta untuk mengirim Portofolio ke panitia.




Download Buku Panduan Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Baca Juga : Panduan EDS-PA Sispena PAUD dan PNF Tahun 2019

Semoga sebaran info Mengenai Buku Panduan Lomba Budaya Mutu SD (SD) Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel