Download Kkm Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru

 Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat ba Download KKM Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru

Download Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia Jenjang SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat banyak di butuhkan oleh para pendidik khususnya guru mata pelajaran yang mempunyai kiprah sebagai pengajar di sekolahnya.

Perangkat pembelajaran yang akan saya bahas kali ini adalah perangkat pembelajaran Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia Jenjang SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria batas nilai paling rendah yang diberikan kepada penerima didik mencapai ketuntasan KKM biasanya sudah ditetapkan pada awal tahun anutan gres dan biasanya beberapa satuan pendidikan mempunyai abjad yang sama.

Untuk memilih KKM tersebut harus mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata penerima didik itu sendiri serta kemampuan sumber daya pendukung menyerupai contohnya sarana prasarana dan lain sebagainya.

Biasanya setiap mata pelajaran mempunyai nilai KKM yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan, saran dan lain sebagainya. Berikut beberapa langkah untuk memilih KKM :
  1. Hitunglah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.
  2. Tentukan kekuatan / nilai untuk setiap aspek / komponen sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek.
    • Aspek kompleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, dan semakin gampang KD maka nilainya semakin tinggi.
    • Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
    • Aspek intake. Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi pula.
  3. Jumlah nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi tiga untuk memilih KKM setiap KD.
  4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk memilih KKM mata pelajaran
  5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) harus ditetapkan sebelum awal tahun anutan dimulai. Seberapapun besarnya jumlah penerima didik yang melampaui batas ketuntasan minimal, tidak mengubah keputusan pendidik dalam menyatakan lulus dan tidak lulus pembelajaran. Acuan kriteria tidak diubah secara serta merta alasannya hasil empirik penilaian.


Pada pola norma, kurva normal sering dipakai untuk memilih ketuntasan berguru penerima didik kalau diperoleh hasil rata-rata kurang memuaskan. Nilai final sering dikonversi dari kurva normal untuk mendapat sejumlah penerima didik yang melebihi nilai 6,0 sesuai proporsi kurva.

Acuan kriteria mengharuskan pendidik untuk melaksanakan tindakan yang sempurna terhadap hasil penilaian, adalah menunjukkan layanan remedial bagi yang belum tuntas dan atau layanan pengayaan bagi yang sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal.

Kriteria ketuntasan minimal menjadi pola bersama pendidik, penerima didik, dan orang bau tanah penerima didik. Oleh alasannya itu pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penilaian di sekolah berhak untuk mengetahuinya.

Satuan pendidikan perlu melaksanakan sosialisasi supaya gosip sanggup diakses dengan gampang oleh penerima didik dan atau orang tuanya. Kriteria ketuntasan minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB) sebagai pola dalam menyikapi hasil berguru penerima didik.

Fungsi Kriteria Ketuntasan Minimal

Berikut ini 5 Fungsi kriteria ketuntasan minimal yang bisa anda simak di bawah ini sebagai berikut:
  1. sebagai pola bagi pendidik dalam menilai kompetensi penerima didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Setiap kompetensi dasardapat diketahui ketercapaiannya menurut KKM yang ditetapkan. Pendidik harus menunjukkan respon yang sempurna terhadap pencapaian kompetensi dasar dalam bentuk pemberian layanan remedial atau layananpengayaan;
  2. sebagai pola bagi penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaianmata pelajaran. Setiap kompetensi dasar (KD) dan indikator ditetapkan KKMyang harus dicapai dan dikuasai oleh penerima didik. Peserta didik diharapkandapat mempersiapkan diri dalam mengikuti penilaian supaya mencapai nilaimelebihi KKM. Apabila hal tersebut tidak bisa dicapai, penerima didik harus mengetahui KD-KD yang belum tuntas dan perlu perbaikan;
  3. dapat dipakai sebagai bab dari komponen dalam melaksanakan penilaian aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Evaluasi keterlaksanaan dan hasil aktivitas kurikulum sanggup dilihat dari keberhasilan pencapaian KKM sebagai tolok ukur. Oleh alasannya itu hasil pencapaian KD menurut KKM yang ditetapkan perlu dianalisis untuk mendapat gosip ihwal peta KD-KD tiap mata pelajaran yang gampang atau sulit, dan cara perbaikan dalam proses pembelajaran maupun pemenuhan sarana prasarana berguru di sekolah;
  4. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan penerima didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan upaya yang harus dilakukan bersama antara pendidik, penerima didik, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua. Pendidik melaksanakan upaya pencapaian KKM dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian. Peserta didik melaksanakan upaya pencapaian KKM dengan proaktif mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengerjakan tugas-tugas yang telah didesain pendidik. Orang bau tanah sanggup membantu dengan menunjukkan motivasi dan santunan penuh bagi putra-putrinya dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan pimpinan satuan pendidikan berupaya memaksimalkan pemenuhan kebutuhan untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran dan penilaian di sekolah;
  5. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiapmata pelajaran. Satuan pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk melampaui KKM yang ditetapkan. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan salah satu tolok ukur kinerja satuan pendidikan dalam menyelenggarakan aktivitas pendidikan. Satuan pendidikan dengan KKM yang tinggi dan dilaksanakan secara bertanggung jawab sanggup menjadi tolok ukur kualitas mutu pendidikan bagi masyarakat.




Download KKM Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 Revisi
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai KKM Bahasa Indonesia Jenjang SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel