Download Materi Materi Pengaya Dan Remediasi Ppg Bahasa Indonesia Tahun 2019

Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Bahasa Indonesia Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Bahasa Indonesia Tahun 2019

Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019


Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan mengenai Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019

Indonesia, sebagai sebuah negara kepulauan yang mempunyai wilayah geografis sangat luas dan beragam, mempunyai tantangan tersendiri terkait upaya peningkatan kualitas guru. Guru merupakan garda terdepan dalam sebuah sistem pendidikan. Betapapun canggih konsep pendidikan dirancang, tanpa diimbangi oleh guru yang kompeten, maka hanya akan menjadi perihal tanpa realisasi yang optimal.

Dengan kata lain kualitas guru merupakan kunci utama kualitas pendidikan. Sampai dikala ini masih banyak wilayah di Indonesia yang mempunyai keterbatasan akses. Wilayah menyerupai ini seringkali disebut sebagai tempat khusus. Keterbatasan ini berimbas pada proses peningkatan kualitas guru yang bertugas pada wilayah tersebut.

Minimnya jaringan komunikasi dan beratnya jarak tempuh menyebabkan para guru tempat khusus (gurdasus) relatif sulit untuk mengikuti perkembangan pendidikan sebagai upaya meningkatkan profesionalitasnya. Persoalan ini menjadi semakin faktual tatkala fakta memperlihatkan bahwa banyak gurdasus tidak bisa melampaui passing grade yang dicanangkan dalam uji pengetahuan (UP) yang merupakan bab dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) sebagai prasyarat uji profesionalitasinya.

Hal ini bukanlah duduk masalah yang sederhana, alasannya yaitu kelulusan dalam UP UKMPPG merupakan salah satu indikator guru dikatakan profesional. Oleh alasannya yaitu itu, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melaksanakan banyak sekali upaya untuk meningkatkan profesionalitas gurdasus. Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah yaitu melaksanakan pembuatan sumber mencar ilmu bagi gurdasus dalam bentuk “Bahan Pengayaan dan Remedi”.

Produk ini akan dicetak dalam bentuk buku dan dibagikan bagi semua gurdasus yang belum lulus UP UKMPPG. Melalui buku ini dibutuhkan guru sanggup berproses secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun terbimbing untuk meningkatkan profesionalitasnya. Lebih jauh, melalui sumber mencar ilmu buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” ini, guru dibutuhkan akan terpicu untuk terus mencar ilmu dalam perjuangan meningkatkan kemampuan dan profesionalitasnya.

Selanjutnya, buku ini pastinya mempunyai keterbatasan mengingat luasnya cakupan keilmuan yang seharusnya dimasukkan. Pendekatan training yang dikemas dalam buku ini berbasis pada kisi-kisi soal UP. Buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” dilengkapi dengan dua jilid buku pendamping yang berisikan soal-soal latihan sebagai pengayaan tambahan.

Diharapkan, guru tidak hanya memakai satu sumber buku ini tetapi sanggup mengakses banyak sekali sumber-sumber pendukung lainnya. Dengan demikian dibutuhkan kompetensi guru akan meningkat yang pada akibatnya akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan sebagai pendukung laju proses pembangunan bangsa.

Pengembangan pedoman ini didasarkan pada hasil penilaian penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui jalur PPG. Hasil penilaian memperlihatkan bahwa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) penerima PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.


Oleh alasannya yaitu itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan penerima PPG-PG-DK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan impian yang telah ditargetkan pemerintah pada kegiatan tersebut. Salah satu cara yang sanggup ditempuh yaitu dengan memakai sumber belajar.

Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber mencar ilmu terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber mencar ilmu yang sanggup dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) penerima PPG-PDGK 2018 berupa materials.

Materials atau materi yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.

Tujuan Penulisan

Penulisan sumber mencar ilmu ini bertujuan untuk membantu penyiapan penerima PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber mencar ilmu ini sanggup dipakai secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun termbimbing.

Cara Penggunaan dan Pemanfaatan Bahan Pengayaan dan Remedi

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB I.
  2. Memperhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II.
  3. Membaca dan memahami setiap soal yang menjadi referensi dari setiap indikator.
  4. Mencoba untuk mengerjakan setiap soal yang ada, kemudian mencocokkan hasilnya dengan kunci balasan yang tersedia.
  5. Mempelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  6. Menuliskan hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan mendiskusikannya dengan sejawat, baik isi, klarifikasi dan peluang pengembangannya.
  7. Mencoba untuk mengerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  8. Mencocokkan hasil latihan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, melihat pembahasan yang ada di BAB II.
  9. Memperluas dan menambah pengetahuan Anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.




Download Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Materi Bahan Pengaya dan Remediasi PPG Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel