Makalah Akuntansi Perihal Ayat Jurnal Penyesuaian

Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian

Download Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian

Makalah adalah karya tulis yang memuat pedoman perihal suatu dilema atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.Nah balasannya kita mengerti akan pengertian makalah.

Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini jenis-jenis makalah yang sanggup anda simak di bahwa ini:
  • Jenis makalah deduktif
  • Makalah dedukatif merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan dilema yang dibahas)
  • Jenis makalah induktif
  • Makalah induktif merupakan makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan dilema yang dibahas.
  • Jenis makalah campuran
  • Makalah adonan merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan dilema yang dibahas.

Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
  1. Cover / Bagian Sampul Makalah.
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Isi Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian

BAB I : PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Akuntansi merupakan Pelaporan keuangan yang berisi informasi-informasi yang berkhasiat dalam membantu pengambilan keputusan bagi para pemakainya.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, sesungguhnya kita telah memakai jasa akuntansi. Ketika seorang pemilik warung mencatat pembelian barang dagangannya, mencatat siapa saja yang berhutang pada warungnya, memisahkan kotak antara uang yang masuk dari hasil penjualan dengan kotak uang yang dialokasikan untuk belanja kebutuhan barang dagangan dan kebutuhan operasional di warungnya. Maka, intinya pemilik warung tadi telah menerpkan teknik akuntansi. Penerapan pengetahuan di bidang akuntansi tentu semakin luas dan kompleks kalau dihadapkan pada bisnis dengan skala yang lebih besar.

1.2 Tujuan Masalah
1) Menjelaskan karakteristik proses penyesuaian
2) Untuk mengetahui kapan waktunya akun-akun diadaptasi
3) Untuk mengetahui alasan dibuatnya Ayat Jurnal Penyesuaian
4) Untuk mengetahui akun-akun apa saja yang harus diadaptasi

1.3 Rumusan Masalah
1) Bagaimana karaktersistik Proses Penyesuaian
2) Kapan Ayat Jurnal Penyesuaian di Buat?
3) Mengapa Perlu di Buat Ayat Jurnal Penyesuaian?
4) Akun-akun apa saja yang memerlukan Penyesuaian?


BAB II : PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Ayat Jurnal Penyesuaian
Ayat Jurnal Penyesuaian atau disebut juga Adjusting Entries ialah jurnal yang dibentuk untuk menyesuaikan saldo perkiraan-perkiraan ke saldo yang tolong-menolong hingga selesai periode akuntansi, atau untuk memisahkan penghasilan atau biaya dari suatu periode dengan periode yang lain.

2.2 Tujuan Dilakukan Penyesuaian
Secara rincinya tujuan dari penyesuaian itu sendiri adalah
? Untuk mempermudah menyusun neraca saldo debit dan kredit buku besar.
? Untuk merekap saldo akun-akun buku besar
? Untuk memilih saldo akun-akun buku besar yang sesuai dengan realita
? Untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan
? Untuk mempermudah penyusunan kertas kerja

2.3 Karakteristik Proses Penyesuaian
Ketika seorang akuntan menyiapkan laporan keuangan,lalu berasumsi bahwa masa hemat perusahaan sanggup di bagi-bagi kedalam periode waktu,misalnya bulanan,triwulanan,atau tahunan.dengan memakai konsep periode akuntansi (accounting period Concept),akuntan harus memilih pada periode mana pendapatan dan beban perusahaan seharusnya dilaporkan.untuk memilih periode yang tepat,ia mengacu pada prinsip akuntansi berterima umum (PABU) yang mengharuskan penggunaan akuntansi berbasis akrual.

2.4 Proses Penyesuaian
Pada selesai periode akuntansi,banyak saldo akun di buku besar yang sanggup dilaporkan tanpa perubahan apa pun dalam laporan keuangan.sebagai contoh,saldo akun kas dan akun tanah biasanya ialah jumlah yang dilaporkan dineraca.

2.5 Prosedure Pembuatan Ayat Jurnal Penyesuaian

BIAYA DIBAYAR DI MUKA
Setiap selesai periode,pembayaran yang dilakukan di depan akan diadaptasi dengan pemakaiannya.penyesuaian untuk beban di bayar dimuka sanggup di catat sebagai aktiva ataupun sebagai beban.hal tersebut tergantung pada catatan pada ketika penjurnalan

2.6 Analisis Pencatatan Ayat Jurnal Penyesuaian
a. Beban Dibayar di Muka
Diasumsikan pada selesai Mei,akun Beban Habis Pakai seharusnya didebit Rp1.500.000 dan akun Bahan Habis Pakai dikredit Rp1.500.000 untuk mencatat pemakaian selama bulan Desember.ayat jurnal penyesuaian dan akun T untuk Bahan habis Pakai dan beban Bahan Habis Pakai

2.7 Jenis-Jenis Ayat Jurnal Penyesuaian
Ayat-ayat jurnal penyesuaian ini dibentuk oleh oleh subsistem akuntansi, yaitu sehabis neraca saldo

2.8 Perbedaan Jurnal Penyesuaian dan Koreksi
Dalam akuntansi, jurnal koreksi perlu dibentuk dengan maksud untuk mengkoreksi nilai transaksi yang telah salah dibukukan dan atau juga untuk mengkoreksi penggunaan pembagian terstruktur mengenai akun yang salah (salah dalam mengidentifikasi akun).

2.9 Daftar Saldo yang Disesuaikan
Setelah semua ayat jurnal penyesuaian telah diposting,daftar saldo lainnya disebut daftar saldo yang diadaptasi (Adjusted trial balance) disiapkan.Tujuan dari daftar saldo yang diadaptasi ialah untuk mengusut kesamaan jumlah saldo debit dan kredit sebelum menyiapkan laporan-laporan keuangan.jika daftar saldo yang diadaptasi tidak sama,berarti kesalahan telah terjadi.akan tetapi kesalahan sanggup timbul meskipun daftar saldo yang diadaptasi telah sama.

BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
Jurnal penyesuaian dibentuk untuk menyesuaikan angka-angka dalam neraca saldo biar sanggup menggambarkan keadaan yang tolong-menolong sesuai dengan tuntutan dalam penyajian laporan keuangan.

3.2 Saran
Dalam mempelajari ilmu akuntansi harus diharapkan kecermatan dan ketelitian dalam mengerjakan atau memahami materinya alasannya akuntansi ini merupakan menyerupai halnya matematika hasilnya butuh kepastian untuk mendapat jawaban yang benar atau sanggup disebut juga sebagai ilmu pasti





Download Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Makalah Akuntansi Tentang Ayat Jurnal Penyesuaian ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel