Makalah Akuntansi Wacana Ekuitas

Download Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas

Download Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas

Makalah adalah karya tulis yang memuat anutan wacana suatu problem atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.Nah alhasil kita mengerti akan pengertian makalah.

Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini jenis-jenis makalah yang sanggup anda simak di bahwa ini:
  • Jenis makalah deduktif
  • Makalah dedukatif merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan problem yang dibahas)
  • Jenis makalah induktif
  • Makalah induktif merupakan makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan problem yang dibahas.
  • Jenis makalah campuran
  • Makalah adonan merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan problem yang dibahas.

Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
  1. Cover / Bagian Sampul Makalah.
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Isi Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Dengan ini kami panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, alasannya atas kehendak-Nyalah kami sanggup menuntaskan makalah yang berjudul “Ekuitas” ini sempurna pada waktunya. Isi dari makalah ini secara garis besar yaitu membahas mengenai Ekuitas dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

BAB I : PANDAHULUAN

1.1. Latarbelakang Masalah
Untuk perusahaan perseorangan, ekuitas sering disebut modal. Untuk perseorangan, istilah ekuitas (ekuitas pemegang saham atau stockholders' equity) lebih merefleksi kata yang ingin dikandungnya.Istilah modal sering dipakai pula sebagai padan kata equity walaupun modal lebih bersahabat maknanya dengan istilah capital.Ekuitas mengandung unsur kepemilikan (ownership), untuk organisasi nonprofit ekuitas disebut dengan aset higienis (net assets) untuk menghindari kesan adanya pemilikan.

1.2. Tujuan
Tujuan dari pembentukan makalah ini adalah:
1. Sebagai bentuk tanggung jawab mahasiswa atas kiprah yang diberikan oleh dosen mata kuliah Teori Akuntansi.
2. Mengetahui apa yang dimaksud dengan ekuitas.
3. Memahami lebih mendalam bagaimana perubahan modal setoran.
4. Agar mengetahu apa yang dimaksud dengan Obligasi Terkonversi.

1.3. Rumusan Masalah
Pokok pembahasan dari makalah ini yaitu sebagai berikut:

1.4. Sistematika Penulisan
Susunan makalah ini yaitu data terlampir:


BAB II : PEMBAHASAN (ISI)

2.1. Pengertian Ekuitas
Ekuitas tidak sanggup didefinisikan secara independen terhadap aset dan kewajiban. Dalam kerangka dasar Standar Akuntasi Keuangan (2002), contohnya Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mendefinisikan ekuitas sebagai berikut (pasal 49):
Ekuitas yaitu hak residual atas aktiva perusahaan sesudah dikurangi semua kewajiaban.
Definisi diatas tidak jauh berbeda dengan apa yang dikemukakan oleh FASB dalam SFAC No. 6

2.2. Komponen Ekuitas Pemegang Saham
Dari segi riwayat dan sumbernya, ekutas pemegang saham dibagi menjadi dua komponen penting,

2.3. Tujuan Penyajian Ekuitas
Pengungkapan informasi ekuitas pemegang saham akan sangat dipengaruhi oleh tujuan penyajian informasi tersebut kepada pemakai statemen keuangan.

2.4. Perbedaan Modal Setoran dan Laba Ditahan
Ditinjau dari sumbernya, ada beberapa komponen yang membentuk ekuitas pemegang

2.5. Modal Yuridis
2.5.1. Pengertian
Modal yuridis timbul alasannya ketentuan aturan yang mengharuskan bahwa harus ada sejumlah rupiah yang harus dipertahankan dalam rangka dukungan terhadap pihak lain.

2.5.2. Besarnya Modal Yuridis
Dalam hal saham bernilai nominal , modal yuridis sanggup sama dengan jumlah yang dikenal dengan nama modal saham. Modal saham menerangkan jumlah rupiah perkalian antara cacah saham beredar dengan nilai nominal persaham.

2.6. Modal Setoran Lain
Nominal saham sering dianggap bukan merupakan harga efektip saham sehingga secara akuntansi penentuan nilai nominal saham bahwasanya tidak bermakna ekonomik.

2.7. Perubahan Modal Setoran
Tujuan utama perekayasaan akuntansi modal setoran ini yaitu untuk membedakan secara tegas antara perubahan akhir transaksi operasi dan perubahan akhir transaksi modal.

2.8. Perubahan Laba Ditahan
Jika pemisahan antara transaksi modal dan transaksi operasi harus tetap dipertahankan, Hanya terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi besarnya keuntungan ditahan yaitu keuntungan atau rugi periodic dan pembagian dividen.

BAB III : PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Konsep kesatuan perjuangan memisahkan secara fisik dan konseptual antara administrasi dan pemilik. Ekuitas pemegang saham menggambarkan relasi yuridis antara perseroan dengan para pemegang saham. Ekuitas pemegang saham terdiri atas dua komponen yaitu modal setoran dan keuntungan ditahan. Modal setoran dipecahkan menjadi modal yuridis dan modal setoran lain.

3.2. Saran
Alasan fundamental dianutnya pendekatan penyajian keuntungan semua termasuk yaitu konsep pemanfaatan aset. statemen laba-rugi harus menyajikan secara efektif semua akhir dari pemanfaatan aset yang diserahkan sepenuhnya kepada manajemen.





Download Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Makalah Akuntansi Tentang Ekuitas ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel