Unduh Buku Pemikiran Kegiatan Kewirausahaan Sma

 Buku Pedoman Program Kewirausahaan Jenjang Sekolah Atas  Unduh Buku Pedoman Program Kewirausahaan SMA

Silahkan Unduh Gratis: Buku Pedoman Program Kewirausahaan Jenjang Sekolah Atas (SMA) Tahun 2019






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Buku Pedoman Program Kewirausahaan Jenjang Sekolah Atas (SMA) Tahun 2019

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang besar lengan berkuasa dan berwibawa memberdayakan semua warga negara Indonesia berubah menjadi insan yang berkualitas sehingga bisa dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Hal itu ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2015 wacana Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019 yang dipakai sebagai pedoman tahunan dalam perencanaan dan pengendalian pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

Salah satu tujuan seni administrasi yang dimuat ialah Peningkatan Kepastian Akses Pendidikan Menengah yang Bermutu dan Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat. Strategi tersebut difokuskan pada penguatan pelaku pendidikan yaitu siswa, guru, kepala sekolah, orangtua, dan pemimpin institusi pendidikan dalam ekosistem pendidikan. Kebijakan itu diarahkan pada penguatan sikap yang berdikari dan berkepribadian.

Sekolah Menengah Atas ialah jenjang pendidikan menengah yang dirancang untuk menyiapkan penerima didik melanjutkan ke pendidikan tinggi. Namun pada ke- nyataannya tidak semua lulusan Sekolah Menengah Atas melanjutkan ke pendidikan tinggi, dan tidak mempunyai keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan hidup di masyarakat.

Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha. Penyebabnya ialah contoh pikir yang berorientasi menjadi pegawai atau pencari kerja yang harus diubah menjadi wirausahawan yang sanggup membuat lapangan kerja. Perilaku tersebut sangat diharapkan dalam meng- hadapi banyak sekali perkembangan, tantangan, dan persaingan dalam masa globalisasi.

Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas memuat mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang menawarkan pemahaman dasar wacana kemampuan berwirausaha kepada penerima didik. Melalui pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan penerima didik sanggup mempelajari teori dan nilai-nilai kewirausahaan yang sanggup diaplikasikan dalam kehidupan aktual melalui praktik, baik yang terintegrasi dalam mata pelajaran maupun yang dilaksanakan diluar mata pelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler.

Oleh alasannya itu Pemerintah mencanangkan kegiatan Kewirausahaan di Sekolah Menengan Atas yang diharapkan sanggup mendorong penerima didik untuk menjadi kreatif dan mandiri, serta mulai tergerak dan berani membuka perjuangan sendiri.


Tujuan Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada penerima didik biar mereka memahami konsep kewirausahaan, mempunyai abjad wirausaha, bisa memanfaatkan peluang, dan mendapat pengalaman pribadi berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

Selanjutnya kegiatan Kewirausahaan di Sekolah Menengan Atas ialah sekolah yang diharapkan sanggup berperan dalam berbagi dan membudayakan nilai-nilai kewirausahaan dengan tujuan antara lain:
  1. Meningkatkan daya inisiatif sekolah untuk berbagi kegiatan kewirausahaan;
  2. Memperkuat pendidikan abjad penerima didik melalui kegiatan kewirausahaan di SMA;
  3. Memperkuat aspek kreatifitas dan literasi dalam ber wirausaha
  4. Mendorong sekolah untuk berbagi pribadi penerima didik yang mempunyai abjad wirausaha.
  5. Mengoptimalkan pendayagunaan potensi sumberdaya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan kewirausahaan;
  6. Mendorong sekolah untuk menjalin kemitraan dengan ekosistem ABCGM dalam berbagi kegiatan kewirausahaan.
  7. Mengembangkan praktik-praktik terbaik penyelenggaraan kegiatan kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang sanggup dirujuk sekolah lain;

Download Buku Pedoman Program Kewirausahaan Sekolah Menengan Atas Tahun 2019


Pedoman Implementasi Program Kewirausahaan di Sekolah Menengan Atas disusun sebagai pedoman untuk memahami dan berbagi kegiatan kewirausahaan di SMA. Kepada semua pihak yang berperan serta dalam penyusunan naskah ini diucapkan terimakasih. Saran dan masukan dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk perbaikan dan penyempurnaan pedoman ini.



Download Buku Pedoman Program Kewirausahaan SMA
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Pedoman Program Kewirausahaan Jenjang Sekolah Atas (SMA) Tahun 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel